Sabtu, 25 Juli 2015

TULISAN IT FORENSIK

IT FORENSIK
Adalah suatu kumpulan prosedur pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk mengungkap suatu tindak kriminal ataupun mempermudah pihak kepolisian dalam mengungkapkan tindak kriminal. 
IT forensik ini juga bertujuan sebagai pencegah dalam tindak kriminal dan juga sebagai penyimpanan data kriminal yang telah terjadi. Sekarang ini tindak kriminal tidak hanya dalam dunia nyata, seiring dengan perkembangan teknologi tindak kriminal banyak terjadi di dunia maya, sehingga sangatlah dibutuhkan it forensik sebagai pencegah ataupun sebagai pengungkap tindakan kriminal. 

Ada 4 elemen kunci forensik dalam teknologi informasi, antara lain :

1. Identifikasi dari bukti digital.
Merupakan tahapan paling awal forensik dalam teknologi informasi. Pada tahapan ini dilakukan identifikasi dimana bukti itu berada, dimana bukti itu disimpan dan bagaimana penyimpanannya untuk mempermudah tahapan selanjutnya.

2. Penyimpanan bukti digital.
Termasuk tahapan yang paling kritis dalam forensik. Bukti digital dapat saja hilang karena penyimpanannya yang kurang baik.

3. Analisa bukti digital.
Pengambilan, pemrosesan, dan interpretasi dari bukti digital merupakan bagian penting dalam analisa bukti digital.

4. Presentasi bukti digital.
Proses persidangan dimana bukti digital akan diuji dengan kasus yang ada. Presentasi disini berupa penunjukkan bukti digital yang berhubungan dengan kasus yang disidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar